Sunday, November 13, 2022

Bridging Course 2022: University of Sheffield


Setelah sekian lama tidak ada artikel di blog ini, kali ini saya akan share salah satu pengalaman mendapatkan kesempatan Bridging Course 2022 (BC2022) ke University of Sheffield, United Kingdom. Bridging Course adalah salah satu beasiswa dari DIKTI yang dikhususkan untuk dosen di Indonesia yang telah diselenggarakan setiap tahunnya mulai dari tahun 2016. Kegiatan ini adalah sebagai persiapan bagi para dosen untuk melanjutkan study S3 ke Luar Negeri, dimana fokus nya adalah match-making antara calon supervisor dan calon siswa yang akan studi.

Pada tahun ini peserta BC2022 ke University of Sheffield berjumlah 14 dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia. Selain ke ke Sheffield, ada beberapa kampus dan negara lain di tahun ini, yaitu ke University of Sopron, Hungary; National Taiwan University (NTU); dan University of New England, Australia. 

Perjalanan ini dimulai pada bulan April yaitu dengan dibukanya pengumuman pendaftaran dengan submit berkas maksimal 13 Mei 2022. Beberapa berkas yang harus di submit pada aplikasi yaitu: CV, Proposal penelitian S3, Sertifikat IELTS dan Surat ijin dari perguruan tinggi/LLDIKTI. Qodarullah, mendekati hari-H dateline submit berkas, anak ke-3 saya, Aydin (3 tahun) harus menjalani operasi usus buntu. Berkas ijin dari LLDIKTI dan surat pengantar dari dekan belum selesai saya urus, hal ini sangat menguras pikiran dan waktu. Alhamdulillah rekan saya, bu Rhisa membantu mengurus semua berkas, sampai mengantar surat ijin ke LLDIKTI. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikannya bu 😊

Selanjutnya, sekitar minggu pertama bulan Juni 2022, DIKTI mengumumkan kandidat BC2022 yang lolos tahap pertama. Tahap berikutnya adalah tes interview untuk bisa lolos dan menjadi awardee BC2022 ini. Disini terdapat 110 kandidat dosen yang terjadwal pada sesi interview online. Pada sesi interview tersebut, saya memilih dari rumah, karena di kampus kurang kondusif environment-nya. Terdapat 2 interviewer dan 1 admin dalam sesi tersebut. Berbagai pertanyaan diajukan dalam bahasa Inggris oleh ke-2 interviewer terkait proposal penelitian yang sudah kita submit, seperti: background penelitian, keterbaharuan, metode dan juga pengalaman penelitian yang telah kita lakukan.  Alhamdulillah 40 menit berakhir juga sesi yang menegangkan tersebut. Saya merasa kurang maksimal dalam menjawab pertanyaa-pertanyaan dari interviewer, tentunya ikhtiar yang terbaik sudah saya lakukan, apapun hasilnya serahkan hanya ke Allah SWT.

Tanggal 4 Juli 2022, rekan dosen di Fisipol UGM, awardee Bridging Course tahun 2021, mengirim WA menginformasikan saya lolos sabagai awardee BC2022. Setelah membalas dengan ucapan terima kasih, saya segera mencari informasi resmi tersebut di website DIKTI. Alhamdulillah surat resmi tersebut menunjukan nama saya masuk kedalam 50 awardee BC2022. Pastinya ini semua karena Allah SWT memudahkan semua urusan saya.

Setelah 1 bulan tidak ada info terkait BC2022, akhirnya pada bulan Agustus diinfomasikan bahwa saya mendapatkan kampus tujuan di University of Sheffield, UK. Bersama dengan 14 dosen lain, kami mulai mengurus persiapan keberangkatan, yaitu VISA, Surat tugas negara (Satneg), Tiket dan akomodasi. Terjadwal kegiatan di Sheffield dimulai tanggal 10 Oktober 2022, tapi sampai dengan tanggal tersebut tidak semua Sheffiled's awardee terbit VISAnya. 

Aydin, see you on Dec. I will miss you..

Akhirnya, keberangkatan defer menjadi tanggal 26 Oktober 2022. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 Minggu, yaitu berakhir pada tanggal 17 Desember 2022. Perjalanan kali ini kita akan menggunakan maskapai Emirates yang akan berangkat dari Soekarno Hatta tanggal 27 Okt jam 00:40, transit di Dubai International Airport dan diperkirakan sampai Bandara Manchester, UK tanggal 27 Okt jam 12:40. Perjalanan Manchester ke Sheffield berkisar 1 jam menggunakan coach (mini bus) yang sudah disiapkan tim dari University of Sheffield. 

Rombongan 14 dosen tiba di Manchester Airport

Finally, sekitar jam 15:00 kita telah sampai di St Vincent's Place yang merupakan flat tempat kita stay selama di Sheffield. InshaAllah akan saya update cerita kehidupan di Sheffield dan beberapa info kegiatan Bridging Course ini. Semoga bermanfaat dan menambah motivasi teman-teman yang ingin melanjutkan mimpinya study abroad. Wassalam..

St Vincent's Place

0 comments:

Post a Comment