Wednesday, July 22, 2020

Belajar Data Science dimana ya sebaiknya?

Menjawab pertanyaan dari judul diatas secara sedarhana yaitu kuliah aja di kampus dimana terdapat prodi/jurusan computer science, informatika, atau bidang-bidang komputer. Ternyata kenyataannya tidak semua prodi/jurusan komputer tersebut mengajarkan data science loh. Nah, sebaiknya gimana donk??

Data Science Diagram
source: https://intellipaat.com/blog/what-is-data-science/

Tren pekerjaan yang banyak diminati oleh para lulusan bidang komputer saat ini yaitu data science, dimana anda bisa cek sendiri rentang gaji untuk pekerjaan ini di google degh. Bidang ilmu data science ini merupakan lintas ilmu dari programming, database dan statistika seperti pada ilustrasi gambar diatas. Selain itu ilmu machine learning juga diperlukan pada pekerjaan ini.

Sayangnya tidak semua kampus di prodi komputer mengajarkan ilmu ini, seperti di prodi kampus tempat saya mengajar hanya 2 sks saja untuk belajar data mining, lebih baik dari pada tidak ada sama sekali khan. Selanjutnya bagaimana cara nya supaya kita bisa mendapat ilmu tentang data science tersebut?

Investasi waktu, pikiran dan uang
Disini uang saya tuliskan di bagian akhir, karena yang paling penting adalah waktu dan fokus pada pikiran. Bisa juga koq kita tanpa uang mempelajari ilmu tersebut.

Nah.. dimasa pandemi ini sangat banyak online course atau webinar yang gratis atau berbayar yg bisa kita ikuti. Pada artikel kali ini saya akan share 2 course online yang bagus untuk anda ikuti dalam mempelajari data science ini, dimana saya sendiri sudah mencoba nya, yaitu: Dqlab dan Sanbercode

DQLab

Saya sudah join ecourse yang beralamat di https://dqlab.id/ ini sejak agustus 2019, dan materi yang dipelajari cukup lengkap, yaitu SQL for data science, R for data science dan Python for data science. Content materi sangat beragam, dari level pemula sampai level lanjut/advance. Selain itu di paltform ini menggunakan live code yang sudah support ke-3 bahasa tersebut, jadi kita tidak perlu menyiapkan environment di local PC/Laptop untuk belajar data science, cukup browser dan koneksi internet saja.

Menurut saya ecourse di DQLab menyiapkan membernya untuk menjadi data engineering, data analyst ataupun data science (perbedaan ke-3 bidang ini saya kurang paham detail, bisa explore sendiri ya), disini materi-materinya fokus di pengolahan data, transformasi, data analisis, cleaning, wrangling, dsb.

DQLab juga menyediakan beberapa challenge yang dipandu oleh beberapa pakar dari dunia industri, seperti traveloka, tokopedia, efishery, xeratic, dll. Challenge ini seperti mini project yang bisa kita kerjakan dengan range waktu tertentu, dimana kasusnya memang sesuai dengan dunia industri, jadi jika kita mengikutinya akan punya pengalaman yang sangat berharga.

Untuk materi-materi tentang modeling machine learning atau data mining ada juga di DQLab pada project challenge yang biasanya setiap bulan 1x atau 2x akan diinfokan di dashboard kita.

Modul challenge Dqlab
Modul challenge DQLab

Beberapa modul dasar di DQLab di sediakan gratis, selanjutnya kita bisa berlangganan dengan harga yang cukup terjangkau. Saat artikel ini diposting terdapat promo untuk berlangganan seharga Rp. 179.400,- untuk 6 bulan. Cek berkala web dan IG Dqlab yang biasanya share informasi promo untuk berlangganan.

Dengan jumlah modul saat ini lebih dari 30 dan akan terus bertambah lagi dengan materi-materi terupdate, saya rasa biaya berlangganan sebesar angka diatas layak dengan apa yang nantinya akan kita dapatkan.

Beberapa modul juga menawarkan reward yaitu extend berlangganan 1 bulan jika kita bisa menyelesaikannya dengan batas waktu yang ditentukan. Saya sendiri pernah mendapatkan reward challenge ini dan juga reward 6 bulan gratis ketika tim DQLab meminta tetimoni.

Challenge dengan Reward di DQLab
Challenge dengan Reward di DQLab

Sanbercode

Sanbercode merupakan ecourse kedua yang akan saya bahas disini, dimana terdapat juga kelas di bidang programing dan design yang ditawarkan selain kelas data science.  Beralamatkan di https://sanbercode.com/, saya mengikuti kegiatan bootcamp dari sanbercode untuk kelas python data science pada bulan Juni 2020 dan sangat puas dengan metode yang diterapkan di event ini.

Event bootcamp tersebut bernama "Bootcamp online 2020 by SanberCode.. From Zero to Hero". Program ini intensif selama 1 bulan atau 4 pekan yang diselenggarakan setiap bulan (kegiatan bisa berubah sewaktu-waktu, cek IG Sanbercode untuk info lebih lanjut). 

Terdapat 2 level pada bootcamp ini yaitu kelas dasar dan kelas lanjutan. Kelas dasar ini gratis dengan syarat yaitu membayar uang komitmen Rp 200,000 dan mendapatkan score bootcamp 80 atau lebih. Saya mengikuti kelas dasar dan Alhamdulillah mendapatkan score 88 dan uang kembali masuk rekening 😄.

Informasi bootcamp bulan Juli 2020


Kurikulum dari bootcamp tersebut kurang lebih seperti berikut ini:
Minggu 1
  • Hello Python
  • Functions, Method and Getting Help
  • Logic Control Flow and Loop
  • Python List dan Dictionary
  • Statistika Deskriptif Untuk Data Science
Minggu 2
  • Pandas Introduction
  • Akses/Indexing dan Transformasi Data
  • Reshaping Data
  • Grouping Data
  • Merging DataFrame
Minggu 3
  • Pengenalan Matplotlib
  • Custom Visualisasi
  • Multiple Plots
  • Perbandingan Kuantitatif
  • Seaborn dan Altair
Minggu 4
  • Pengenalan Machine Learning
  • Algoritma KNN dan Model Regresi Linear
  • Evaluasi Performa dan Memilih Model
  • Preprocessing Data
Setiap materi tersebut akan ada tugas harian yang dikerjakan pada jupyter notebook atau google colab dan disubmit untuk dilakukan penilaian. Selanjutnya pada akhir pekan (hari sabtu) teradapat quiz sampai minggu ke-3 dan minggu terakhir akan ada final project. Dan untuk final project ini akan dibuka kaggle competition dimana kita disediakan data untuk diolah dan kemudian dilakukan prediksi dengan akurasi terbaik sebagai rangking dari beberapa peserta bootcamp.

Dengan cara pembelajaran intensif seperti ini saya rasa pemahaman materi yang akan didapatkan akan lebih cepat karena kita akan dipakasa fokus selama 1 bulan penuh. 

Jika anda ingin mendapatkan file-file tugas dan quiz dari sanbercode yang pernah saya kerjakan sebelumnya bisa akses github berikut: https://github.com/ariflaksito/sanbercode-data-science

Kesimpulan

Dari kedua ecourse yang saya bahas tersebut, kesimpulan menurut saya yaitu:
1) DQLab
- Kasus-kasus di bidang industri terkini
- Bisa mempelajari 3 bahasa penting di data science(R, python, SQL)
- Materi sangat banyak dan terus bertambah, bisa dipelajari sesuai kebutuhan

2) Sanbercode
- Waktu singkat hanya 4 minggu
- Sesuai bagi pemula untuk belajar cepat
- Gratis dengan syarat

Semoga bermanfaat yaa, selamat belajar data science!


53 comments:

  1. Admin saya mau filenya untuk bahan latihan

    ReplyDelete
  2. Admin saya mau untuk bahan belahar chikmiazizi001@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Admin boleh saya minta file-filenya untuk bahan belajar adindafijar07@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sudah dikirim ke email, silahkan di cek

      Delete
  4. Admin saya mau file2nya juga untuk bahan belajar. Email : windyaulia24@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Saya mau file-filenya min untuk dijadikan bahan belajar. Terima kasih banyak
    (Email : windyaulia24@gmail.com)

    ReplyDelete
  6. Minta tolong share file nya Pak Arif, Terimakasih
    (angga.trianto@students.amikom.ac.id)

    ReplyDelete
  7. Saya boleh Minta tolong share file nya Pak Arif, Terimakasih
    email: rozimulyadi0242@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Bapak saya mau file2nya juga untuk bahan belajar. Email : rip.wibowo@gmail.com Trmksh

    ReplyDelete
  9. Artikelnya sangat bermanfaat kak, saya juga tertarik untuk mempelajari data science. Boleh share meterinya untuk menjadi bahan belajar saya? Email saya nurul.hidayn@gmail.com
    Terimakasih banyak sebelumya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, silahkan cek inbox ya.. Sudah saya kirimkan

      Delete
  10. Kirim dunk mas erwkos@yahoo.com Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Artikelnya sangat membantu untuk saya yang sedang kebingungan mencari course data science. Sekalian saya juga mau data nya pak, bisa tolong dikirim ke aziziyuswana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat. Sudah saya kirim ke email mas.

      Delete
  12. Terimakasih untuk artikelnya. Boleh tolong share juga filenya pak ke email untukdaftar97@gmail.com
    Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih artikelnya kak. Boleh minta file nya nggak? Ini email saya anindyaaar123@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Wah terima kasih banyak Pak. Saya sudah dapat gambaran. Izin juga pak untuk mengirimkan filenya untuk saya pelajari. Ini email saya tyobp23@gmail.com terima kasih banyak sebelumnya dan sehat selalu

    ReplyDelete
  15. terima kasih kak artikelnya, apakah saya boleh dikirimkan filenya untuk saya pelajari. berikut adalah email saya nurarif.khairudin@gmail.com. terima kasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek inbox ya, sudah saya kirim ke email :)

      Delete
  16. Pak, saya butuh referensi mengenai online course terkait data science.
    Selain dua yang Bapak sebutkan di atas, apakah Bapak pernah mendengar/tahu dari rekomendasi orang lain mengenai online course yang sangat recommended Pak? Baik yg dari Indo ataupun internasional?
    Atau dua di atas memang sudah paling OK?
    Yang saya maksud untuk pemula ya Pak. Saya berencana mempelajari data science, hanya ingin mencari mulai dari mana yg paling tokcer.
    Terima Kasih Pak.

    ReplyDelete
  17. Dear mas Husain,

    Setahu saya untuk yg ecourse lokal data science terbaik adalah DQLab, dan cocok untuk pemula meskipun bukan dari background IT.

    Klo untuk yg luar, ada beberapa yg bagus seperti datacamp, next.tech, atau untuk yg advance seperti udemy, edx dan coursera. Silahkan bisa dicoba dulu versi trialnya untuk explore materi2 yg ada di dalamnya.

    Semoga membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, Pak. Akan saya pertimbangkan.

      Delete
  18. Terima kasih artikelnya sangat membantu. Jika berkenan boleh saya minta share file nya. Terima kasih. Email saya : laurentiusgernadi22@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Admin, kalau boleh share file ke baitosabtu@gmail.com, terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dikirim ke email, silahkan di cek kembali ya

      Delete
  20. Terima kasih artikelnya sangat membantu. Jika berkenan boleh saya minta share file nya. Terima kasih. Email saya : dyfanpp.29@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Halo kak Arif...
    Perkenalkan saya Ayu, terimakasih banyak atas sharing informasinya, sangat membantu rekan2 yang akan memulai belajar Data Science...
    Jika berkenan kak, saya boleh dibantu share file nya untuk bahan pembelajaran ke alamat email ayu.wahyudamayanti@gmail.com kak???
    Terimakasih banyak sebelumnya...

    ReplyDelete
  22. boleh share file nya untuk belajar kk?
    rendy.kjoan@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Terima kasih, tulisannya yang bermanfaat. saya juga sedang mengukuti pelatihan di DQLab. Memang betul disini menggunakan live code editor, jadi memudahkan kita dalam belajar.
    Terima kasih juga, file di GitHub sudah saya unduh, sebagai bekal belajar di Sanbercode nanti.

    ReplyDelete
  24. Terima kasih pak artikelnya sangat membantu. Jika boleh saya minta share file nya untuk belajar. Terima kasih. Email saya : sratna518@gmail.com

    ReplyDelete
  25. the article is very good and interesting if you need a reference you can check it here https://unair.ac.id/site/article/read/2855/s1-teknologi-sains-data.html

    ReplyDelete
  26. Perut SerigalaNovember 14, 2021

    Kak boleh minta tolong share linknya ke perutserigala@gmail.com? Terima kasih kak

    ReplyDelete
  27. Perut SerigalaNovember 14, 2021

    Kak boleh minta tolong kirim bahannya ke perutserigala@gmail.com?

    ReplyDelete
  28. Ka boleh minta file nya untuk bahan belajar? Email : nawrahlafi@gmail.com

    ReplyDelete
  29. halo, selamat pagi kak
    boleh minta file nya untuk bahan belajar saya? email : rinayxiipa1@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi juga, sudah saya kirim email ya. Bisa cek inbox
      Semoga bermanfaat..

      Delete
  30. Halo Pak, saya Ella. Artikelnya sangat membantu, apa boleh saya minta filenya untuk bahan belajar saya? Terimakasih.
    Email: ellaella1105@yahoo.com

    ReplyDelete
  31. AnonymousJune 10, 2022

    Halo, saya Diana , artikelnya sangat membantu dan bermanfaat sekali, boleh saya minta filenya untuk bahan belajar saya?
    Terima kasih
    email : dianafitriyani571@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Apakah saya terlambat belajar ini. Kalau boleh saya ijin meminta file bahan ajarnya. Terimakasih sebelumnya. email : ivan.muttaqin@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum terlambat koq, DQLab bisa registrasi setiap waktu, sedangkan sanbercode ada beberapa periode buka nya (cek IG @sanbercode ya), materi silahkan ambil di repository berikut: https://github.com/ariflaksito/sanbercode-data-science

      Delete
  33. AnonymousMay 05, 2023

    halo, selamat pagi Pak, saya surya.
    boleh minta file nya untuk bahan belajar saya? email : rahmadsurya@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya Pak

    ReplyDelete