Search This Blog

Friday, March 13, 2020

Membuat Code Highlight di Word

Bagi beberapa mahasiswa tingkat akhir yang mengambil Skripsi/TA, khususnya di bidang ilmu Computer Science, Informatika, Sistem Informasi, dkk, masalah formating dan tata letak penulisan di aplikasi pengolah kata(Word processing) dapat menaikan level stress disaat si dosen pembimbing meminta menuliskan code-code secara rapi seperti pada Code editor.

planetb.ca ~ syntax-highlight-word
Kali ini saya akan share salah satu tools yang membuat hidup para pejuang-pejuang Skripsi/TA menjadi lebih indah tanpa harus berkutat dengan masalah formating code di Word.   

Saya biasa menggunakan tools online yang dibuat oleh om Jamie di alamat http://planetb.ca/syntax-highlight-word. Cara penggunaanya cukup mudah, tinggal copy khan saja baris code ke dalam form yang tersedia, kemudian pilih jenis bahasa pemrograman dan klik tombol Show Highlighted untuk mendapatkan hasilnya.

Tampilan tools online untuk code highlight
Selanjutnya dari tampilan highlight yang ada di browser "Select All" atau (Ctrl+A), kemudian copy dan paste di Word, naaah... sekarang sudah tampil rapi khan code-code anda di Word.

Tampilan saat di paste ke Word
Silahkan bisa dishare jika artikel ini anda rasa bermanfaat dan dapat membantu para pejuang Skripsi/TA/Thesis.






0 comments:

Post a Comment