Tuesday, July 12, 2022

Sistem rekomendasi Content-based Filtering menggunakan PHP - MySQL (part 2)

Artikel berikut ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya tentang implementasi sistem rekomendasi berbasis konten (Content-based filtering Recommender System) pada PHP. Silahkan bisa menyimak terlebih dahulu artikel bagian pertama disini: Sistem rekomendasi Content-based Filtering menggunakan PHP - MySQL (part 1).

Pada project ini, saya menggunakan library Sastrawi untuk melakukan pre-processing data, dan menggunakan library Nette/Database untuk akses ke database mysql, bisa anda cek dokumentasi lengkap di sini: https://doc.nette.org/en/database/core. Dengan menggunakan composer, kita bisa tambahkan code berikut di file composer.json:

{
"require": {
"sastrawi/sastrawi": "^1.2",
"nette/database": "^3.1"
}
}


Kemudian bisa dijalankan perintah composer update pada terminal untuk mendownload beberapa library diatas ke project kita.

Pertama kita siapkan class di PHP untuk menghitung TF-IDF dan Cosine similarity seperti yang sudah dibahas di artikel bagian 1. Kali ini, saya menggunakan nama class Cbrs dan nama file disesuaikan menjadi Cbrs.php. Berikut ini kode lengkap dari class tersebut.

Selanjutnya, kita siapkan file index.php untuk menampilkan daftar list hotel secara random dari tabel di database. Untuk tampilan HTML digunakan Bootstrap CSS supaya lebih rapi. Dan pada bagian akhir, kita buat file detail.php dimana akan menampilkan 1 hotel yang dipilih, dan kemudian akan di cari similarity/kesamaan dari sejumlah hotel dengan score paling besar berdasarkan id hotel yang dipilih tersebut.

Pada kode diatas, terdapat function pre_process() dan get_hotel_detail(), dimana kegunaan fungsi pertama untuk melakukan pembersihan data sebelum masuk ke class perhitungan TF-IDF dan cosine similarity di class Cbrs dan fungsi kedua untuk menampilkan detail hotel berdasarkan parameter id. Variabel $n digunakan untuk menyimpan jumlah item rekomendasi yang akan ditampilkan (top-n). Dan pada bagian perulangan variabel $r ditambahkan keyword continue; untuk menghilangkan item kunci, dimana nilainya = 1 dikarenakan menghitung similarity dari item yang sama. Selain itu, digunakan juga keyword break; untuk keluar dari perulangan jika jumlah n rekomendasi sesuai dengan variabel $n.

Tampilan antar muka detail hotel dan rekomendasi 8 item (beserta score similarity)

Jika anda membutuhkan kode lengkap dari project diatas beserta file database sql, silahkan tuliskan alamat email di bagian komentar. InshaAllah akan segera saya kirimkan ke email anda.


0 comments:

Post a Comment