Monday, November 16, 2020

Menggunakan Python di Jupyter notebook

Python merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 1991 oleh Guido van Russom dimana akhir-akhir ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak dicari dan dipelajari bagi mereka yang fokus mendalami dunia data.

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berkembang dengan cepat, selain dari perkembangan library yang semakin kuat karena banyaknya library dan framework seperti scikit-learn, Tensorflow, Pytorch, dan lainnya yang membuat para pencinta Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Deep Learning lebih memilih Python sebagai tools untuk mengembangkan riset dan penelitian mereka.

Di artikel ini akan dibahas cara singkat instalasi Python dan juga Jupyter notebook sebelum nanti akan kita pelajari lagi detail dasar-dasar pemrograman di Python khususnya untuk Data science atau Machine learning.

File instalasi Python bisa di download dari web python.org yang saat ini terdapat 2 versi yaitu 2.7.x dan versi 3.x, sebaiknya kita pilih saja yang versi 3.x 

www.python.org

Ikuti petunjuk instalasinya dan aktifkan fitur “Add python.exe to Path” saat pemilihan check fitur instal supaya perintah python dapat dapat dijalankan di command prompt nantinya. Setelah berhasil melakukan instalasi, kita dapat mencoba dengan menjalankan perintah python dan pip dari command di windows. 

The Python Package Index (PyPI) merupakan repository untuk library/paket di Python yang berada di pypi.org. Dengan menggunakan perintah pip kita bisa melakukan menajemen paket tersebut di local environment.

Jupyter notebook

Jupyter notebook merupakan tool yang populer untuk mengolah code di python. Jupyter notebook memungkinkan untuk mengintegrasikan antara kode dengan output di dalam satu dokumen secara interaktif.

Jupyter notebook dapat di install melalui command dengan perintah: 

pip install jupyter

Selain itu jupyter notebook juga dapat di install menggunakan platform Anaconda, selengkapnya bisa dibaca disini https://docs.anaconda.com/anaconda/install/

Cara menjalankan Jupyter notebook adalah dengan menuliskan perintah jupyter notebook di terminal atau command. Selanjutnya Jupyter notebook dapat diakses melalui browser. Saat servis dijalankan anda akan diarahkan ke halaman browser pada alamat http://localhost:8888/tree

Tampilan awal saat membuka Jupyter notebook

Untuk membuat notebook baru, bisa dilakukan dengan memilih menu [New] pada bagian kanan atas, kemudian bisa pilih tipenya Python3. Halaman notebook baru akan tampil seperti dibawah ini:

Tampilan notebook di browser


Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bagian Cell, dimana nantinya kita akan menuliskan code Python atau Markdown text. Untuk judul notebok bisa kita ganti dengan cara double klik pada tulisan Untitled, kemudian tuliskan nama/judul dari notebook tersebut.

Selanjutnya kita akan gunakan beberapa shortcut di Jupyter notebook untuk mempercepat dan memudahkan dalam melakukan editing code/text di cell. Bisa perhatikan saat cell aktif akan berwarna hijau, sedangkan cell yang tidak aktif berwarna biru. Untuk keluar dari aktif cell, tekan tombol [Esc] dan kembali mengaktifkan cell tekan [Enter]. 

Untuk melihat beberapa tombol shortcut yang ada kita bisa keluar dari aktif cell kemudian tekan tombol [H].

Beberapa tombol shortcut di Jupyter notebook

Berikut beberapa shortcut yang sering digunakan: merubah ke mode code [Y] dan merubah ke mode markdown [M]. Menulis heading di Markdown dengan tombol [1] untuk heading 1, tombol [2] heading 2 dan tombol [3] heading 3. Menambahkan cell diatasnya dengan tombol [A] dan tombol [B] untuk menambah cell dibawahnya. Menghapus cell klik 2x tombol [D].

Pastikan saat menjalankan kondisi tersebut tidak berada di aktif cell, kita bisa tekan terlebih dahulu tombol [Esc]. Dan untuk menjalankan cell/Run kita lakukan dengan menekan tombol [Shift+Enter].

Share notebook

Setelah kita menulsikan code-code di notebook, kita bisa membagikan file tersebut secara statis ataupun dinamis. Kita bisa gunakan github untuk share notebook secara statis, dimana code dan hasilnya sudah ready pada file .ipynb dan bisa kita push ke repository di github. Sedangkan secara dinamis kita bisa gunakan Google colab, dengan cara upload file .ipynb dan selanjutnya kita bisa jalankan pada Google colab code-code tersebut.

Silahkan di eksplore lebih jauh lagi untuk penggunaan Jupyter notebook, semakin sering anda menggunakan maka akan semakin paham fitur-fitur didalamnya. Semoga bermanfaat..

Referensi

  1. Guntur Wicaksono, “Pengenalan Pemrograman Python Untuk Data Science”, https://medium.com/@gunturwicaksono/pengenalan-pemrograman-python- untuk-data-science-aa18ca6ff995
  2. Ahmad Muhardian, Belajar Pemrograman Python: Cara Install Python di Windows, https://www.petanikode.com/python-windows/
  3. Belajar Python Dasar : Memahami Jupyter Notebook dan cara menggunakannya, https://ngodingdata.com/memahami-jupyter-notebook- dan-cara-menggunakannya/
  4. IndoML,Pengenalan dan Panduan Jupyter Notebook untuk Pemula,https://indoml.com/2019/09/29/pengenalan-dan-panduan-jupyter-notebook-untuk-pemula/

0 comments:

Post a Comment