Monday, October 5, 2020

Menyusun latar belakang skripsi yang baik


Latar belakang merupakan bagian pertama yang sangat penting dalam menyusun karya ilmiah/skripsi. Latar belakang yang baik dan menarik akan membuat orang yang mempelajari/membaca semakin mudah memahami maksud dari penelitian yang kita lakukan. Selain itu memudahkan juga anda(para mahasiswa) dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan dosen penguji di ujian akhir nantinya. 

Syarat mutlak dan wajib untuk dapat menulis latar belakang yang baik dengan banyak membaca literature (paper dari penelitian sebelumnya). Dengan banyak membaca literature, maka akan semakin jelas arah penelitian yang akan kita lakukan dan menyusun latar belakang menjadi lebih mudah dan terarah.

Berikut ini beberapa tahapan dalam menuliskan latar belakang:

  1. Tuliskan masalah yang dihadapi oleh objek penelitian. Atau masalah yang sudah pernah dihadapi peneliti sebelumnya dan belum ada solusinya. Untuk masalah-masalah di objek penelitian sampaikan secara detail bukan bersifat general.
  2. Sampaikan gambaran umum tentang metode/teknologi/solusi yang anda rencanakan untuk mengatasi masalah diatas. Gunakan beberapa referensi terkait metode/solusi yang akan anda gunakan tersebut.
  3. Jawab semua pertanyaan WHY di judul skripsi
Dibawah ini adalah contoh penulisan latar belakang pada paper berjudul IMPLEMENTASI ALGORITMA REGRESI LINEAR BERGANDA UNTUK MEMPREDIKSI PRODUKSI PADI DI KABUPATEN BANTUL" oleh Ervan Triyanto yang dapat didownload pada url: http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/rabit/article/view/666

Sesuai pada poin ke-3 diatas, maka yang perlu dijawab pada pertanyaan WHY judul adalah:
  • Mengapa prediksi produksi padi?
  • Mengapa di kabupaten Bantul?
  • Mengapa menggunakan Algoritam Regresi linear berganda?
Ketersediaan pangan yang cukup dan merata merupakan salah satu pilar perwujudan ketahanan pangan. Salah satu inti pokok dari ketahanan pangan adalah tersedianya makanan pokok bagi masyarakat. Salah satu makanan pokok yang dikonsumsi adalah nasi. Nasi adalah hasil dari pengolahan hasil pertanian yaitu padi. Padi (Oryza Sativa) adalah salah satu dari jenis tanaman pertanian yang bernilai ekonomis, di Bantul sendiri padi tergolong sebagai tanaman pangan pokok yang banyak dibudidayakan.
Kabupaten Bantul sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Bantul memiliki luas wilayah 50.810 hektare, dengan pemanfaatan lahan pertanian berupa sawah sebesar 15.183 ha dan lahan bukan sawah sebesar 12.742 ha. Luas lahan sawah yang cukup luas ini dimanfaatkan untuk pertanian padi. Produksi padi di Bantul pada tahun 2014 sebesar 192.847 ton, pada tahun 2015 sebesar 199.141 ton, dan pada tahun 2016 sebesar 180.593 ton [1].  

Paragraf 1 dan 2 diatas merupakan jawaban dari "Mengapa di kabupaten Bantul?" 

Karena produksi padi di kabupaten Bantul setiap tahun selalu berubah – ubah, maka sebuah prediksi perlu dilakukan untuk mengetahui gambaran masa depan apakah hasil produksi padi di kabupaten Bantul akan mengalami kenaikan ataupun penurunan. Hasil prediksi ini dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui ketahanan pangan di kabupaten bantul khususnya padi. Penelitian ini memanfaatkan data panen atau produksi padi di dinas pertanian kabupaten Bantul sebagai data acuan untuk melakukan prediksi hasil panen padi di kabupaten Bantul. Selain itu prediksi ini juga mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil prodiksi yang berupa luas lahan, curah hujan, serangan hama, hasil produksi sebelumnya, serta pengetahuan petani tentang penanaman padi. 

Paragraf 3 adalah jawaban dari "Mengapa prediksi produksi padi?"

Untuk melakukan prediksi tentunya harus menggunakan sebuah algoritma, salah satu algoritma untuk melakukan prediksi yaitu menggunakan Algoritma Regresi Linear Berganda. Algoritma Regresi Linear Berganda merupakan salah satu teknik analisis data yang sering digunakan untuk mengkaji hubungan antar beberapa variabel dan meramal satu variable [1]. Algoritma ini dapat dilakukan untuk memprediksi beberapa hal seperti prediksi kelayakan operasional mesin rivet produksi [2] atau prediksi konsumsi bahan bakar [3].

Paragraf 4 diatas yaitu jawaban dari "Mengapa menggunakan Algoritam Regresi linear berganda?"

Dari beberapa penjelasan diatas disimpulkan bahwa metode Regresi Linear Berganda dapat digunakan untuk meprediksi sesuatu di masa depan dengan menggunakan lebih dari 2 faktor atau variabel yang memiliki pengaruh terhadap apa yang akan diprediksi, oleh karena itu peneliti akan menggunakan metode ini untuk melakukan prediksi produksi padi di kabupaten Bantul.

Paragraf ke 5 merupakan rangkuman dari penelitian yang akan dilakukan.

Selain anda ikuti ketiga tips tersebut, selalu konsultasikan naskah anda dengan dosen pembimbing dan sekali lagi, banyak membaca paper yang berkaitan dengan area penelitian yang diambil. Untuk penelitian di level Skripsi (S1) sebaiknya membaca paper terkait minimal 30 paper. Semoga bermanfaat artikel penulisan latar belakang di skripsi berikut dan bagi para #PejuangSkripsi semakin menemukan titik terang dan terarah penelitian skripsi anda.

0 comments:

Post a Comment