Search This Blog

Monday, October 29, 2018

Kapan waktu efektif "coding"?



“Coding” istilah populernya.. dimana saat kita fokus mengerjakan modul, mencari solusi algoritma atau tracking error di suatu program biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kebanyakan programmer malam hari adalah waktu yang nyaman untuk melakukan aktivitas coding, ditemani dengan secangkir kopi panas dan camilan..  PERFECT! pastinya

Selama bertahun-tahun saya juga menikmati aktivitas coding di malam hari sampai dengan pagi. Setelah saya sadari ternyata saya banyak melewatkan hal-hal istimewa di saat pagi, yaitu tidak bisa shalat subuh berjamaah di masjid, karena sering ketiduran pas adzan, melakukan aktivitas seharian tidak fokus, karena masih kurang jatah tidurnya.

Akhirnya saya berusaha untuk merubah pola aktivitas tersebut supaya bisa mendapatkan keistimewaan dan keberlimpahan rejeki di pagi hari. Sekitar jam 8 malam, saya coba untuk mulai istirahat tidur, dan pasang alarm jam 2 atau 3 pagi. Saat bangun cobalah berwudhu dan lanjut shalat tahajud, inshaAllah hilang semua rasa kantuknya, selanjutnya mulailah aktivitas coding + kopi panas.

Alhamdulillah kebiasaan tersebut sudah terpola sejak 2-3 tahun yang lalu.

BangunAwal itu mengundang keberkahan dan keberlimpahan. "Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi,” inilah doa Nabi Muhammad.

Di kesempatan lain, beliau bersabda, “Berpagi-pagilah dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya berpagi-pagi itu membawa keberkahan dan mengantarkan pada kemenangan.”

Itulah salah satu rahasia sukses orang-orang beriman dalam melakukan penaklukan-penaklukan. Mereka melakukannya di waktu pagi. Bahkan hijrah Sang Nabi pun dilakukan di waktu pagi.

Silahkan bagi teman-teman yang ingin merubah pola waktu coding-nya bisa seperti yang saya lakukan, atau masih nyaman dengan menghabiskan waktu malam, silahkan sajaa.. 

Semoga bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment