Wednesday, October 3, 2018

Deploy Aplikasi menggunakan PHPloy

Bagi pengembang aplikasi web saat ini, baik back-end, front-end ataupun fullstack, seharusnya sudah tidak menggunakan tools FTP Client untuk deploy aplikasi ke server. Sudah tidak lazim drap and drop file dari window satu ke window yang lainnya. Atau tidak perlu lagi menggunakan lagi cpanel file manager untuk upload file zip untuk membuat aplikasinya live di server.

Hehe.. ini menurut pendapat saya looh dan mungkin juga banyak yang setuju koq.. ✌😉

Pengertian deployment di web adalah proses memindahkan kode (terupdate) ke live server. Dan menurut Baki Goxhaj dalam blognya di wplancer.com, banyak developer paham tentang proses ini dan ternyata hanya sedikit orang saja yang melakukanya dengan cara yang professional.

Sudah ada beberapa tools untuk memudahkan proses deployment tersebut, seperti menggunakan Jenkins atau Capistrano. Sebelumnya saya juga menggunakan tools online seperti FTPloy dan Deploybot, tapi disini ada kelemahan yaitu hanya menyediakan 1 project saja untuk deployment, lebih dari itu maka silahkan menyesuaikan dengan tarif yang ada 😅


Untuk menggunakan PHPloy ini pastikan project anda sudah menggunakan Git sebagai code collaboration. Konsep kerja PHPloy ini adalah melakukan perubahan(upload/delete) file-file yang telah ter commit pada git ke server, sangat simple dan mudah digunakan. Proses deployment PHPloy menggunakan command pada terminal dengan perintah-perintah yang telah didefinisikan.

Untuk memulai menggunakan PHPloy anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Gunakan composer dengan menambah paket di file composer.json. Belum tau apa itu composer? silahkan pelajari artikel di link berikut ini.
    {
        "require": {
            "banago/phploy":"4.8.5"
        }
    }
    
  2. Selanjutnya dari terminal jalankan perintah:
    composer update
    
  3. Copykan file /vendor/banago/phploy/bin/phploy ke root project anda
  4. Buat file baru dengan nama phploy.ini, yang berisi kode konfigurasi berikut
    [production]
    user = username
    pass = s0m3p455w0rd
    host = yourdomain.com
    path = /public_html/folder
    exclude[] = 'phploy'
    exclude[] = 'phploy.ini'
    exclude[] = 'composer.json'
    exclude[] = 'composer.lock'
    port = 21
    passive = true
    
  5. Setelah melakukan perubahan kode-kode program, jalankan perintah git add dan git commit.
  6. Untuk melihat file-file apa saja yang akan di deploy, gunakan perintah berikut di terminal
    phploy -l
    
  7. Dan terakhir untuk proses deploy ketikan perintah phploy. Selanjutnya akan muncul proses deploy di terminal, silahkan menunggu proses tersebut.
    phploy
    
  8. Jika dirasa ingin membatalkan proses deployment tersebut bisa dilakukan rollback dengan perintah:
    phploy –rollback
    
Menurut saya tools ini sangat simple dan mudah sekali dalam penggunaan atau konfigurasinya. Bahkan PHPloy ini bisa juga digunakan untuk deployment ke beberapa server sekaligus.

2 comments: