Thursday, August 16, 2018

Belajar Android dengan Dicoding


Sekitar 2 bulan yang lalu, salah satu rekan dosen mengajak saya untuk mengikuti beasiswa Google dengan kurikulum dari dicoding. Apa itu dicoding? Silahkan pelajari informasi detailnya di https://www.dicoding.com.

Awalnya saya pikir ini seperti online course lainnya yang membosankan dan tidak sesuai dengan kebutuhan industri, lebih enak belajar langsung dari stackoverflow.com degh 😅😁

Ternyata kurikulum di dicoding berbedaa, selain materi yang terstruktur seperti pada dokumentasi resmi di Android Developer dengan cita rasa bahasa indonesia, terdapat juga penjelasan dalam bentuk video oleh pakar-pakar yang berkompeten dan yang paling menarik adalah adanya code review dari setiap submission yang kita kerjakan.

Menurut saya yang paling menarik dan kereen adalah adanya fitur code review di dicoding. Disini kita bisa belajar banyak dari masukan-masukan yang diberikan oleh reviewer untuk code yang kita submit. Selanjutnya kita tinggal ikuti masukan-masukan tersebut untuk submission yang kita kerjakan atau untuk submission selanjutnya. Setelah menyelesaikan kelas Menjadi Android Developer Expert (MADE), banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan dalam mengembangkan aplikasi Android kedepannya, dan pastinya sangat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang belajar atau yang sudah berkecimpung di industri pengembangan aplikasi Android.

Oiyaa.. bagi mahasiswa aktif atau dosen bisa mendapatkan beasiswa dari Google untuk kelas MADE di dicoding, untuk dosen bisa dipelajari pada tautan berikut ini: https://goo.gl/AhXoWD. Sedangkan untuk mahasiswa bisa menuju ke tautan ini: https://goo.gl/YAt6ea

Bagi mahasiswa dibutuhkan referral dari dosen, silahkan bisa menggunakan link berikut ini:
  1. Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, https://www.dicoding.com/s/G8Mw1nwQ
  2. Menjadi Android Developer Expert (MADE), https://www.dicoding.com/s/vwAvBXvW
Menurut saya, bagi yang benar-benar serius ingin belajar membuat aplikasi Android, beasiswa ini perlu diperjuangkan. Silahkan bisa di cek di tokopedia atau bukalapak untuk harga resmi course ini adalah 2,2 juta rupiah
Saat anda berhasil menyelesaikan suatu course di dicoding, anda akan mendapatkan sertifikat dimana bermanfaat khususnya bagi yang akan apply ke industri-industri aplikasi digital.

Pada artikel berikutnya akan saya bahas tentang salah satu submission di kelas MADE Dicoding.

Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. pak saya sudah ikut referal dari bapak, dan sudah kirim ke dicoding, langkah selanjutnya apa ya pak?

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, Pak saya mahasiswa universitas lain. izinkan saya daftar dengan referral code bapak ya. username dicoding saya bagussatriaid .

    saya mendapat referral bapak dari google, kampus saya terdaftar tapi saya tidak tau dosen dari kampus saya yg mendaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, oke silahkan daftar menggunakan referral saya

      Delete
  3. whats app saya pak wa.me/6285777834654 mohon masukan ke grup belajar jika ada. terima kasih.

    ReplyDelete